Abstrak


Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Metode Picture And Picture pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SISWA Kelas V Tunagrahita SLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Ani Idayanti - X5117002 - Fak. KIP

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Metode Picture and Picture pada Pembelaja/ran PAI Siswa  Kelas V Tunagrahita di SLB Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2019/2020.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Subjeknya adalah siswa kelas V tunagrahita  SLB Dharma Wanita Jiwan yang berjumlah empat siswa, berjenis kelamin tiga laki-laki dan satu perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan  tes kemampuan membaca dan observasi.

Analisis data yang digunakan adalah dengan statistik teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa ditunjukkan dengan  kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sebelum dilaksanakan tindakan, pada saat prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas V tunagrahita  sebesar 52,5 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 0%. Setelah itu dilakukan tindakan pada siklus I yang dibuat sebanyak 2 kali pertemuan. Dari dua kali pertemuan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 65 dengan presentase sebesar 50%. Selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 82,5 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 100%.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode picture and picture dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada pembelajaran  PAI kelas V tunagrahita    SLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun Tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Metode picture and picture, membaca huruf hijaiyah, tunagrahita.