Abstrak


Pratikelipun Nanem Soklat Taun 1860 (Suatu Tinjauan Filologis)


Oleh :
Danu Dwiyanto - C0111010 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana suntingan teks Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860 yang bersih dari kesalahan? (2) bagaimana isi  yang terkandung di dalam Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860?
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860 yang bersih dari kesalahan. (2) mengungkapkan isi yang terkandung di dalam Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Perpustakaan Reksa Pustaka  Mangkunegaran Surakarta, sedangkan data dalam penelitian ini adalah naskah dan teks Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860. Teknik pengumpulan data melalui tahap inventarisasi, teknik reproduksi yaitu dengan teknik fotografi digital.
Teknik analisis data melalui deskripsi naskah, kritik teks, suntingan teks yang dilengkapi aparat kritik dan terjemahan. Kajian isi dilakukan dengan mengungkapkan isi yang terkandung di dalam Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860.
 Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860 dengan nomor katalog lokal L18 yang tersimpan di Perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran Surakarta merupakan naskah tunggal. Berdasarkan kajian filologis yang meliputi inventarisasi, deskripsi naskah, kritiks teks, aparat kritik, transliterasi dan suntingan teks di dalamnya ditemukan varian penulisan seperti lakuna, adisi, hiperkorek, korup, dan ketidakkonsistenan penulis dalam menggunakan huruf atau aksara. Setelah melewati cara kerja filologi, maka dihasilkan teks Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860  yang bersih dari kesalahan dan diyakini paling mendekati aslinya serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. (2) Isi yang terkandung dalam Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860 adalah tata cara menanam coklat yang meliputi kriteria tanah, cara mengolah tanah, cara menanam coklat, cara memilih biji, cara memindahkan biji tanaman coklat dari tempat penyemaian, aturan menanam coklat dan tata letak kebun, aturan memetik buah coklat, aturan paska panen, serta cara pengolahan biji coklat.
Kata kunci : Naskah, filologi, Pratikêlipun Nanêm Soklat Taun 1860