Abstrak


Pengembangan Model Latihan Drill Teknik Dasar Pukulan Bulutangkis pada Anak Usia Dini


Oleh :
Hariyuda Anggriawan - A121608026 - Pascasarjana

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Kesesuaian model latihan drill dengan pertumbuhan dan karakteristik perkembangan anak usia dini melalui pengembangan model latihan drill teknik dasar pukulan bulutangkis pada anak usia dini.(2) Pengaruh pengembangan model latihan drill teknik dasar pukulan bulutangkis pada anak usia dini terhadap penguasaan teknik dasar pukulan bulutangkis anak  usia  dini.(3)  Apakah  pengembangan  model  latihan  drill  teknik  dasar pukulan bulutangkis pada anak usia dini efektif untuk meningkatkan teknik dasar pukulan bulutangkis anak usia dini.(4) Seberapa besar efektifitas pengembangan model latihan drill teknik dasar pukulan bulutangkis pada anak usia dini   dalam meningkatkan meningkatkan kemampuan teknik dasar pukulan bulutangkis anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan metode Pengembangan Model yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983: 775-776). Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Populasinya adalah anggota PB Putra Utama Sukoharjo  kategori  anak  usia dini  yang  berusia 10-11  tahun  menurut Pedoman Sistem Kejuaraan PBSI (2012), berjumlah 12 orang dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok uji coba dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 6 anak, yang setiap kelompok terdiri dari 3 anak pria dan 3 anak wanita.
Berdasarkan  validasi  ahli  ,  akademisi  dan  uji  coba  kelompok.  Ahli  dan akademisi menilai aspek kualitas material dan aspek konten dengan rata-rata 87,2% termasuk  kategori  yang  valid  untuk  digunakan,  sementara  ahli  bulutangkis  dan akademisi menilai aspek penampilan dan aspek efektivitas dengan skor rata-rata 90,02% termasuk kategori yang valid untuk digunakan . Penilaian peneliti melalui uji coba kelompok kecil persentase dari 85,76% kategori yang valid untuk digunakan. Hasil uji coba kelompok besar, berdasarkan aspek penampilan, aspek konten, dan aspek program pelatihan, memperoleh skor rata-rata 80,79% termasuk kategori yang valid untuk digunakan. Peningkatan rata-rata dalam kelompok percobaan (59,06%) lebih tinggi dari kelompok kontrol (44,482%). Maka Produk yang berupa video tutorial dan buku pedoman ini dinyatakan valid, efektif dan berpengaruh cukup besar dalam peningkatan penguasaan teknik dasar pukulan bulutangkis pada anak usia dini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pengembangan model latihan drill teknik dasar pukulan bulutangkis pada anak usia dini (1) Sudah sesuai dengan pertumbuhan dan karakteristik perkembangan anak usia dini bila diterapkan pada proses latihan teknik dasar pukulan bulutangkis pada anak usia dini.(2) Mempengaruhi   penguasaan teknik dasar pukulan bulutangkis.(3) Efektif untuk meningkatkan penguasaan teknik dasar pukulan bulutangkis pada anak usia dini.(4) Efektif dan berpengaruh cukup besar dalam meningkatkan kemampuan teknik dasar pukulan bulutangkis anak usia dini.

Kata kunci: Model Pengembangan, Latihan drill, Teknik Dasar Bulutangkis, Anak
Usia Din