Abstrak


Perilaku Kawin Kupu-Kupu Papilio Memnon (Linnaeus, 1758) (Lepidoptera : Papilionidae) di Penangkaran Alian Butterfly Park Kebumen Skripsi


Oleh :
Kartika Malik Aziz - M0414039 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Papilio memnon L. merupakan spesies kupu-kupu yang memiliki sayap dengan warna dan corak indah. Saat ini penelitian tentang perilaku kawin P. memnon belum ada, sehingga perlu dilakukan penelitin tentang hal tersebut. Alian Butterfly Park Kebumen merupakan objek wisata berbasis penangkaran kupu-kupu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengamati perilaku kawin P. memnon di penangkaran Alian Butterfly Park Kebumen. Hasil penelitian ini nantinya dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan pengelolaan konservasi kupu-kupu spesies P. memnon.
Metode yang digunakan yaitu mengamati secara langsung perilaku kawin
P. memnon di penangkaran Alian Butterfly Park Kebumen pada bulan Februari. Objek pengamatan berupa 8 pasang kupu-kupu dewasa P. memnon yang diambil dari sekitar Alian Butterfly Park kemudian diletakkan pada kandang. Pengamatan perilaku kawin dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 – 16.00 WIB atau hingga kupu-kupu selesai melakukan kopulasi. Parameter yang diamati adalah perilaku percumbuan (courtship) dan kopulasi. Data yang diperoleh adalah waktu tiap tahapan perilaku kawin dan lama waktu melakukan perilaku tersebut. Pengamatan dilakukan dengan interval 5 menit. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini teramati 3 dari 8 pasang P. memnon melakukan perkawinan. Perilaku kawin diawali dengan percumbuan kemudian dilanjutkan dengan kopulasi. Percumbuan ditandai dengan aktivitas terbang kupu-kupu jantan mengejar betina selama 30 menit hingga 1 jam. Lalu, setelah direspon oleh betina, pasangan tersebut akan melakukan kopulasi selama 1-2 jam.

Kata kunci: Alian Butterfly Park, Lepidoptera, Papilio memnon, Papilionidae, perilaku kawin