Abstrak


Analisis Efektivitas Kinerja Konsultan Pengendali Mutu Independen (PMI) pada Proyek Jalan Tol dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA)


Oleh :
Aisyah Nur Hanifah - I0113004 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Proyek pembangunan Jalan Tol semakin ditingkatkan guna mengimbangi pergerakan masyarakat yang selalu mengalami perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Pada proyek konstruksi Jalan Tol ditunjuklah Konsultan Pengendali Mutu Independen (PMI) guna membantu BPJT melakukan pengawasan dan pengendalian mutu pada proyek Jalan Tol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kinerja konsultan PMI pada proyek pembangunan Jalan Tol Trans Jawa serta mengetahui prioritas tugas apa saja yang perlu ditingkatkan oleh konsultan PMI guna meningkatkan kualitas pengawasan atau Pengendalian Mutu (Quality Control) pada proyek konstruksi Jalan Tol.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan cara pengisian kuesioner yang diperoleh dari wawancara terhadap pegawai BUJT, kontraktor, dan konsultan yang berwenang dalam memberikan penilaian terhadap kinerja konsultan Pengendali Mutu Independen. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis Indeks Kinerja (Tki) dan Uji Importance Performance Analysis (IPA) Dari hasil Indeks Kinerja diperoleh seluruh nilai <100>

Kata Kunci: Pembangunan, Jalan tol, Efektivitas kinerja, Konsultan Pengendali Mutu Independen