Abstrak


Asuhan kebidanan terintegrasi pada NY E umur 25 tahun di Puskesmas Pajang Surakarta


Oleh :
Aldila Diah Rumiyandini - R0316003 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Ruang lingkup : Asuhan kebidanan terintegrasi merupakan asuhan yang diberikan sejak hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir dan keluarga berencana dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi.

Pelaksanaan : Asuhan kehamilan dilakukan 2 kali, pada umur kehamilan 36+6 ibu mengalami anemia ringan sehingga dianjurkan meningkatkan asupan gizi yang mengandung zat besi dan memastikan konsumsi tablet tambah darah. Persalinan secara sectio caesarea atas indikasi gawat janin (fetal distress). Asuhan nifas dengan memberikan konseling kebutuhan masa nifas. Asuhan bayi baru lahir normal dan memastikan pemberian ASI eksklusif. Asuhan KB diberikan konseling tentang KB.

Evaluasi : Kadar Hb ibu menjelang bersalin sudah normal. Tidak ada komplikasi pada persalinan, masa nifas dan bayi baru lahir. Ibu memilih KB suntik 3 bulan.

Simpulan dan saran : Terdapat kesenjangan pada asuhan persalinan yaitu tidak dilakukannya IMD. Petugas kesehatan diharapkan dapat memfasilitasi IMD setelah bayi lahir pada bayi tanpa indikasi.
Kata kunci : ASUHAN KEBIDANAN, Terintegrasi, Ibu, Bayi