Abstrak


Pengaruh peremajaan visual melalui logo merek terhadap niat beli konsumen ( studi pada mahasiswi Universitas Sebelas Maret Surakarta )


Oleh :
Oido Arianto Aritonang - F0213073 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1) pengaruh logo attractiveness terhadap brand attitude, 2) pengaruh logo complexity terhadap brand attitude, 3) pengaruh logo appropriateness terhadap brand attitude, 4) pengaruh logo familarity terhadap brand attitude , 5) pengaruh logo modernity terhadap brand attitude, dan 6) pengaruh brand attitude terhadap purchase intention. Penelitian ini dilakukan di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Data dari responden pada penelitian ini diambil menggunakan metode non probability sampling dan teknik purposive sampling. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Sebelas Maret yang mengenal merek Softex dan berniat membelinya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik-karakteristik logo mana yang mempengaruhi brand attitude,dan pengaruh brand attitude pada niat beli merek Softex. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) logo attractiveness berpengaruh pada brand attitude, 2) logo complexity tidak berpengaruh terhadap brand attitude, 3) logo appropriateness berpengaruh terhadap brand attitude, 4) logo familiarity berpengaruh terhadap brand attitude, 5) logo modernity berpengaruh terhadap brand attitude, dan 6) brand attitude berpengaruh terhadap purchase intention.
Studi ini memiliki keterbatasan yaitu objek yang diteliti hanya terfokus pada satu merek yaitu Softex dengan wilayah amatan yang terbatas pada Universitas Sebelas Maret Surakarta. Untuk itu peneliti berharap pada penelitian selanjutnya untuk melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian ini