Abstrak


Asuhan kebidanan terintegrasi pada NY. B umur 22 tahun di Puskesmas Penumping Surakarta


Oleh :
Anggit Woro Subekti - R0316007 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Ruang Lingkup: Ruang Lingkup :Continuity of Care (COC) adalah pendekatan asuhan kebidanan yang bertujuan untuk memberikan asuhan secara berkelanjutan melalui pendampingan pada ibu hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir (BBL), dan KB.

Pelaksanaan:Asuhan kebidanan berkelanjutan dilakukan selama dua bulan. Pemberian asuhan kehamilan sesuai dengan kebutuhan ibu yaitu penanganan nyeri pegel-pegel. Persalinan berlangsung normal sesuai APN, asuhan nifas diberikan sesuai keluhan ibu yaitu mules dan ASI belum lancar, asuhan BBL berlangsung normal. Pada asuhan KB ibu diberi konseling tentang pemilihan alat kontrasepsi.
Evaluasi:Asuhan kehamilan ibu dengan berlangsung lancar, asuhan persalinan sesuai APN, masa nifas dan BBL berlangsung normal, serta ibu memilih untuk menggunakan KB IUD.
Simpulan dan Saran: Asuhan kebidanan telah sesuai dengan kewenangan dan dapat mengatasi masalah, namun terdapat dalam asuhan Perawatan tali pusat. Diharapkan institusi kesehatan dapat memfasilitasi pelaksanaan IMD, memberikan asuhan BBL sesuai standar asuhan kebidanan.


Kata Kunci : Ibu, bayi, asuhan kebidanan, terintegrasi.