Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbantu Media Teka-Teki Silang (TTS) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMK Negeri 6 Surakarta pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Tahun Pelajaran 2018/2019


Oleh :
Affifah Nurul Aini - K7615002 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa  di SMK Negeri 6 Surakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT berbantu media Teka-Teki Silang (TTS).  

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan  sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) Pengamatan atau Observasi; dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 6 Surakarta dengan jumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) wawancara, (b) observasi dan (c) dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu media teka-teki silang (TTS) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti pada saat pra siklus, persentase keaktifan peserta didik sebesar 30,30%. Pada siklus I saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments berbantu media teka-teki silang (TTS) keaktifan peserta didik meningkat dengan tingkat pencapaian sebesar 75,76%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan ketercapaian persentase keaktifan siswa sebesar 93,94%.  Kesimpulan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model  pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantu media teka-teki silang (TTS) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 6 Surakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis tahun pelajaran 2018/2019. 

Kata Kunci: teams games tournaments, teka-teki silang, keaktifan belajar peserta didik