Abstrak


Implementasi Tugas dan Wewenang Pemerintah Desa di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato Berdasarkan Ketentuan Pasal 206 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah


Oleh :
Yunus Mohamad - S310208236 - Pascasarjana

Abstrak

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   lmplementasi    Tugas   dan Wewenang Pemerintab Desa Di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato Berdasarkan Ketentuan Pasal 206 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi aparat pemerintah desa Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato dalam melaksanakan tugas dan wewenang tersebut.
Penelitian  ini  adalah  penelitian  non  doktrinal  yang   bersifat  deskriptif kualitatif  sebagai makna-makna  simbolik para  pelaku  sosial  yang tampak  dalam interaksi mereka (hukum yang ada di benak manusia). Penelitian yang mengambil lokasi  penelitian di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Data dalam penelitian ini  terdiri atas data primer dan data sekunder. bata tersebut diambil dari berbagai bahan hukum yang berbentuk dokumen,  arsip, dan berbagai literatur.  Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas dan wewenang pemerintah desa belurn optimal yang ditandai dengan belum adanya suatu produk kebljakan  desa yang dihasilkan, anggaran desa belbm pemah dibahas bersama-samade '· gan BPD serta belum adanya suatu kerjasama antar desa. Kendala-kendala yang diliadapi  oleh aparat pemerintah desa adalah keterbatasan SOM desa, keterbatasan anggaran, tninimnya sarana dan prasarana serta rendahnya partisipasi masyarakat.