Abstrak


Pengaruh pemberian dark coklat terhadap tekanan darah pekerja shift malam dinas perhubungan Kota Surakarta di Terminal Tirtonadi


Oleh :
Dean Rizky Handiyansyah - R0213018 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Akibat dari bekerja shift yaitu dapat menganggu ritme sirkadian manusia. Hal tersebut menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya adalah hipertensi. Makanan yang baru-baru ini diteliti sebagai penurun tekanan darah adalah cokelat.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan metode Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah pekerja shift malam Dinas Perhubungan di Terminal Tirtonadi Surakarta dengan populasi sebanyak 74 orang, yang berumur 25-50 tahun dan memiliki IMT ?25 Kg/m2. Pekerja dibagi menjadi 2 kelompok, yang diberi dan tidak diberi dark coklat. Tekanan darah diukur sebelum dan sesudah melakukan shift kerja malam, untuk pekerja yang diberi dark coklat 100 gram, tekanan darah diukur 1 jam setelah mengonsumsi dark coklat. Data diuji menggunakan mann-whitney.

Hasil: Terdapat perbedaan tekanan darah yang signifikan antara kelompok yang diberi dark coklat dengan kelompok yang tidak diberi dark coklat (p= 0,0001). Rerata tekanan darah responden yang diberi dark coklat yaitu 133,41/88 mmHg lebih rendah dari yang tidak diberi dark coklat yaitu 140/96 mmHg.
(p =0,0001)    

Simpulan: Penelitian ini memiliki hasil yang signifikan, berarti dark coklat memiliki pengaruh terhadap tekanan darah.

Kata Kunci : Dark Coklat, Tekanan Darah, Shift Kerja.