Abstrak


Evaluasi penerapan konsep komunikasi pemasaran terintegrasi pada street food Solo Paragon lifestyle mall (studi kasus : bagian pemasaran pada PT. Sunindo Gapura Prima)


Oleh :
Maya Fitriyani - F3214038 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi penerapan konsep komunikasi pemasaran terintegrasi yang telah dilakukan pada street food Solo Paragon Lifestyle Mall. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara pada manajer pemasaran, tenant street food dan pengunjung mall.

Hasil penelitian menunjukan terdapat empat unsur bauran komunikasi pemasaran yang diterapkan pada street food Solo Paragon Lifestyle Mall yaitu acara dan pengalaman, pemasaran interaktif, pemasaran word of mouth dan penjualan personal. Dalam penerapannya belum mendapatkan hasil yang maksimal. Evaluasi penerapan komunikasi pemasaran pada street food Solo Paragon Lifestyle Mall yaitu pemasaran interaktif yang tidak stabil, promosi street food melalui acara dan pengalaman fokus pada pihak tenant, penjualan personal berfokus pada pengisi tenant street food, tidak ada promosi penjualan, dan suasana lokasi yang kurang nyaman dan kurang strategis. Hal yang seharusnya dilakukan adalah menentukan alat komunikasi pemasaran yang dibutuhkan, menggencarkan promosi melalui media sosial, meningkatkan koordinasi setiap alat komunikasi yang digunakan, dan melakukan penataan ulang lokasi yang menarik dan nyaman, saran yang dapat diberikan untuk hasil penelitian ini yaitu memperbaiki atmosfer lokasi street  food, adanya ide kreatif terkait packaging dan penataan tenant yang menarik, menyediakan sarana propery yang menarik, mengadakan challenge spesial street food dan peningkatan koordinasi antara pihak tenant dan manajer pemasaran Solo Paragon Lifestyle Mall.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Terintegrasi