Abstrak


Penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa angkutan penumpang bus antar provinsi kelas eksekutif di PT. Rosalia Indah tahun 2015


Oleh :
Restu Noviyanto - F3212059 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dimensi kualitas pelayanan yang diterapkan oleh PT. Rosalia Indah antara dimensi Tangible, Responsiveness, Reliabilitas, Assurance dan Emphaty.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu tehnik untuk membuat gambaran tentang penerapan dimensi kualitas pelayanan yang tepat untuk PT. Rosalia Indah. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dengan tehnik wawacara dan kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner pada para penumpang di PT. Rosalia Indah.

Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan dari lima dimensi kualitas pelayanan yang menjadi dasar dalam menilai kepuasan konsumen terdapat salah satu dimensi yang lebih menonjol dibandingkan yang lain. Dimensi tersebut adalah dimensi Assurance yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang sehingga menumbuhkan rasa percaya dan loyalitas atau kepuasan konsumen atas jasa yang telah diberikan oleh PT. Rosalia Indah.

Kata Kunci: Tangible, Responsiveness, Reliabilitas, Assurance, Emphaty dan Kepuasan Pelanggan