Abstrak


Pengaruh Lama Penggunaan Komputer terhadap Kejadian Computer Vision Syndrome pada Siswa SMA Negeri 1 Surakarta


Oleh :
Irma Dewayanti - G0014125 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK


Latar Belakang : Computer Vision Syndrome (CVS) merupakan masalah mata majemuk yang berkaitan dengan pekerjaan   jarak dekat yang dialami seseorang selagi atau berhubungan dengan penggunaan komputer. Gejala CVS akan semakin meningkat seiring dengan lamanya penggunaan komputer. Kejadian CVS mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. CVS merupakan risiko pekerjaan nomor 1 pada abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat  hubungan  lama  penggunaan  komputer  terhadap  kejadian  Computer Vision Syndrome pada siswa SMA Negeri 1 Surakarta.

 

Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2017 di SMAN 1
Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi computer vision syndrome questionnaire. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji chi square.

 

Hasil : Hasil penelitian didapatkan 60 sampel di mana siswa dengan lama penggunaan komputer kurang dari 6  bulan  yang menderita CVS sebanyak  12 siswa (20%) dan yang tidak menderita CVS sebanyak 18 siswa (30%). Pada siswa dengan lama penggunaan komputer lebih dari 6 bulan yang menderita CVS sebanyak 22 siswa (36,7%) dan  yang tidak menderita CVS sebanyak 8 siswa (13,3%). Uji chi square didapatkan nilai p = 0,009 (p< 0>

Simpulan   :   Terdapat   hubungan   yang  signifikan   antara  lama  penggunaan komputer terhadap kejadian CVS pada siswa SMA Negeri 1 Surakarta.

 

Kata Kunci : computer vision syndrome, lama penggunaan komputer