Abstrak


Sikap Petani terhadap Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Farry Primandita - H0413016 - Fak. Pertanian

RINGKASAN

Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) merupakan program dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk melindungi kerugian nilai ekonomi usahatani padi akibat gagal panen sehingga petani memiliki modal kerja untuk pertanaman berikutnya. Risiko yang dijamin dalam AUTP antara lain banjir, kekeringan dan serangan OPT. Akan tetapi, dalam keberjalanannya program ini sempat dinilai hanya memberikan manfaat ketika petani mengalami gagal panen. Maka dari itu perlu diketahui bagaimana sikap petani terhadap program AUTP.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi sikap petani pada Program AUTP di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo, mengkaji sikap petani terhadap Program AUTP di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo, menganalisis hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi sikap petani dengan sikap petani terhadap Program AUTP, dan menganalisis perbedaan sikap petani berdasarkan luas lahan yang diasuransikan, pekerjaan di luar sektor pertanian serta kepemilikan aset ternak dalam Program AUTP. Metode dasar penelitian  yang digunakan  adalah  metode  penelitian kuantitatif  dengan  teknik survai. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive). Penarikan sampel diambil dengan teknik proportional random sampling. Untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap petani dengan sikapnya terhadap program AUTP digunakan uji korelasi Rank Spearman, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan sikap petani digunakan uji beda U Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman responden berusahatani (X1) termasuk kategori tinggi, pengaruh orang lain yang dianggap penting (X2) termasuk kategori tinggi, pendidikan formal (X3) termasuk kategori netral/sedang, pendidikan non formal (X4) termasuk dalam kategori netral/sedang, terpaan media massa (X5) termasuk kategori sangat rendah. Secara umum, petani menyatakan sikap setuju/mendukung adanya program AUTP. Petani setuju dengan tujuan program AUTP (Y1), setuju dengan pelaksanaan program AUTP (Y2) serta bersikap netral/cukup setuju dengan manfaat program AUTP (Y3). Terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman berusahatani (X1), pengaruh orang lain yang dianggap penting (X2) dan pendidikan non formal (X4) dengan sikap petani terhadap program AUTP (Y). Sedangkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan formal (X3) dan terpaan media massa (X5) dengan sikap petani terhadap program AUTP (Y). Tidak terdapat perbedaan sikap petani jika dilihat dari luas lahan yang diasuransikan, pekerjaan di luar sektor pertanian maupun kepemilikan aset ternak.