Abstrak


Sistem transmisi pada prototipe BMX OTO UNS


Oleh :
Elwas Cahya Wahyu Pribadi - I8614016 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Proyek Akhir ini berisi tentang sepeda BMX OTO UNS, yang melatari proyek akhir ini adalah kelemahan dalam bersepeda saat berpergian jauh, jika tanjakan berat dan sudah tak kuat lagi tidak ada pilihan lain lagi selalin didorong. Salah satu cara mengatasi kelemahan bersepeda adalah pemasangan mesin pada sepeda BMX OTO UNS dengan kapasitas 50cc.
Laporan Proyek Akhir ini membahas perancangan dan proses pembuatan sepeda BMX OTO UNS. Disamping itu laporan proyek akhir ini akan membahas lebih dalam khususnya sistem transmisi yang digunakan pada sepeda BMX OTO UNS tersebut yaitu menggunakan transmisi rantai dan sprocket. Adapun proses pembuatan sebuah unit sepeda BMX OTO UNS ini meliputi beberapa tahap, yaitu: observasi, proses perancangan, pembuatan (permesinan), perakitan, dan pengujian sepeda BMX OTO UNS.
Sepeda BMX OTO UNS ini menggunakan sistem transmisi rantai dan sprocket, dengan panjang rantai (mesin) 0,63 m dan 1 m, kecepatan putar  pada  perhitungan  mesin  1009  rpm,  daya  maksimal  yang ditransmisikan (mesin) 800 watt, beban total pada rantai (mesin) 717,02 N. Sedangkan untuk panjang rantai (sepeda) 1,15 m, kecepatan putar pedal 114,54 rpm, daya maksimal pada rantai (sepeda) 690,38 watt, beban total pada rantai (sepeda) 1930,44 N.


Kata kunci: Sepeda BMX OTO UNS, sistem transmisi, transmisi rantai dan sprocket.