Abstrak


Hubungan kualitas tidur dengan tekanan darah mahasiswa kedokteran semester III dan V Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Rafael Bagus Yudhistira - G0014190 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Kenaikan tekanan darah pada populasi dewasa muda dewasa   ini   teruslah   meningkat.   Salah   satu   faktor   yang   diduga berpengaruh terhadap peningkatan tekanan darah adalah kualitas tidur. Populasi  dewasa  muda  yang  cenderung  memiliki  kualitas  tidur buruk adalah mahasiswa kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan   kualitas   tidur   dengan   tekanan   darah   pada   mahasiswa Kedokteran semester III dan V Universitas Sebelas Maret.
Metode: Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan  cross  sectional.  Uji  validitas  dan  reliabilitas  dilakukan terlebih dahulu pada kuesioner Depression   Anxiety Stress Scales, International Physical Activity Questionnaire, dan Pittsburgh Sleep Quality Index. Total sampel penelitian adalah sebanyak 74 mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret yang terdiri atas 37 mahasiswa semester III dan 37 mahasiswa semester V. Sampel diambil secara total sampling pada bulan Agustus dan September 2017, dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Data kualitas tidur diukur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index dan data tekanan darah diukur menggunakan sphygmomanometer tipe merkuri. Data penelitian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman dan uji regresi linier berganda.
Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan tekanan darah sistolik (p = 0,024 ; r = 0,263), namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan tekanan darah diastolik (p = 0,426 ; r = 0,094). Jenis kelamin memiliki hubungan yang signifikan dengan tekanan darah sistolik maupun diastolik (p = 0,032 ; p = 0,018). Aktifitas fisik tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tekanan darah sistolik maupun diastolik (p = 0,601 ; p = 0,671).
Simpulan:  Terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara  kualitas  tidur dengan tekanan darah sistolik pada mahasiswa kedokteran semester III dan V Universitas Sebelas Maret.

Kata Kunci : kualitas tidur, tekanan darah, mahasiswa kedokteran