Abstrak


Pengaruh Transformational Leadership pada Work Engagement dan Project Turnover Intention dengan Project Identification sebagai Mediator


Oleh :
Ira Shofia - F0215058 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Sebuah organisasi akan terus bertahan dan berkembang jika organisasi tersebut didukung dengan adanya karyawan yang bekerja maupun terlibat dengan organisasi, baik organisasi permanen maupun organisasi sementara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transformational leadership pada work engagement dan project turnover intention yang dimediasi oleh project identification pada organisasi sementara.
Populasi penelitian ini adalah karyawan proyek infrastruktur PT. Nusa Konstruksi Enjiniring, Tbk di Surabaya. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 172 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Pengujian yang dilakukan meliputi outer model dengan metode average variance extracted (AVE) untuk menguji validitas dan metode Cronbach's Alpha untuk menguji reliabilitas, inner model, menggunakan R-square dan Q-square, serta pengujian hipotesis dengan metode bootstrapping. Perangkat lunak yang digunakan pada penelitian ini adalah SmartPLS3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformational leadership ditemukan berhubungan positif dengan work engagement dan berhubungan negatif dengan project turnover intention. Project identification memediasi secara parsial hubungan transformational leadership pada work engagement dan hubungan transformational leadership pada project turnover intention.