Abstrak


Pengaruh Empowering Leadership pada Kinerja yang dimediasi oleh Persepsi Dukungan Organisasi dan Dukungan Rekan Kerja


Oleh :
Mukhammad Maulan Ardan - F1217049 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Empowering Leadership pada Kinerja yang dimediasi oleh Persepsi Dukungan Organisasi dan Dukungan Rekan Kerja . Penelitian ini dilakukan pada perawat rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini mengambil jumlah sampel 218 perawat yang diambil dengan metode teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner sedangkan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan penelitian ini menggunakan persamaan struktural (SEM) dengan aplikasi SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empowering leadership memiliki pengaruh positif signifikan terhadap persepsi dukungan organisasi dan dukungan rekan kerja. Kemudian persepsi dukungan organisasi dan dukungan rekan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja. Yang terakhir menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi dan dukungan rekan kerja memediasi sebagian hubungan empowering leadership terhadap kinerja.
Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu terbatasnya sampel penelitian yang hanya dilaksanakan pada rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan dapat melengkapi keterbatasan untuk hasil yang lebih variatif guna melengkapi keterbatasan penelitian ini.