Abstrak


Industri Kreatif Pakaian (Studi Deskriptif Kualitatif Hubungan Kerja antar Pegawai dalam Rown Division Distro - Clothing Company)


Oleh :
Prerado Yoga R - D0314060 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Kota Surakarta memiliki banyak industri kecil yang para remaja itulah yang menjadi pelaku usahanya entah sebagai pemilik ataupun sebagai tenaga kerja/ buruh..Dari banyak usaha kecil menengah yang ada Kota Surakarta , penulis memilih Industri kreatif pakaian (fesyen) sebagai kajian penelitian. Mengingat pakaian merupakan barang yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia  sehari  dan sekarang peminat pakaian yang mengarah pada fesyen di kalangan anak remaja juga cukup banyak. Industri kreatif pakaian yang marak bermunculan di Kota Surakarta dengan berbagai macam usaha seperti Distro yang menjadikan Kota Surakarta tumbuh sebagai Kota dengan industry kreatif yang maju.
Hubungan antara karyawan dan atasan terdapat suatu hal yang menjadi mekanisame suatu gerak dari perusahaan itu agar tetap bertahan yaitu kesesuaian antara hak dan kewajiban yang antara karyawan dan atasan. Dari hal ini akan dapat menimbulkan kepuasan kerja yang diperoleh antara karyawan atau atasan. Terdapat berbagai cara yang digunakan pekerja untuk menuntuthak-hak, anatara lain menggunakan media perjanjian kerja bersama ( PKB). Perjanjian kerja dan perundingan kolektif atau perjajian kerja bersama memiliki hak dan kewajiban karyawan keterkaitan dalam memeperjuangkan hak-hak karyawan terhadap perusahaan dan digunakan untuk mencapai rasa puas dalam bekerja. Perjanjian kerja mencamtumkan tentang hak-hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan dan ditaati oleh pihak karyawan (secara individu) dan dari pihak perusahaan. Perjanjian kerja bersama juga memiliki keterkaitan dengan pemenuhan hak dan kewajiban (melalui serikat pekerja) terhadap perusahaan. Kepuasan kerja akan muncul ketika hak-hak yang diperoleh dari perusahaan sesuai denga isi perjanjian kerja isi dari perjanjiaan kerja bersama.. Teori yang digunakan adalah pertukaran sosial dengan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif, menggunakan tektik pengumpulan data lewat observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan ketetapan informan yaitu pelaku dan pembuat strategi serta pendengar berjumlah 5 orang yang sudah mewakili semua jenis informan. Untuk menguji kebenaran data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan kerja yang terjadi antara karyawan dan pemilik Perusahaan di dalam Rown Division mempunyai kriteria dalam membangun keharmonisan dalam pelaksanaan usaha di dalam Rown Division. Hubungan Hak dan kewajiban antara karyawan dan Pemilik Perusahaan , Sistem Upah, dan Jaminan Sosial

Kata kunci : Industri Kreatif, Hubungan Kerja , Pertukaran sosial