Abstrak


Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah dalam Pelaksanaan Penilaian Psikomotor (Studi Kasus Sma Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Totok Sugiarto - K4412077 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) kompetensi pedagogik guru Sejarah dalam pelaksanakan penilaian psikomotor, (2) faktor penghambat yang ditemui atau dialami oleh guru Sejarah dalam melaksanakan penilaian psikomotor,  di SMA Negeri 1 Banyudono.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yakni guru sejarah SMA Negeri 1 Banyudono. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data yang dikumpulkan data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen, dan tempat-peristiwa. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dari sepuluh indikator kompetensi pedagogik terdapat tiga indikator yang belum terlaksana dengan baik, yaitu pada indikator memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, ketiga indikator kompetensi pedagogik yang belum terlaksana secara maksimal ini berpengaruh pada penilaian psikomotor. Berdasarkan hasil temuan studi menunjukkan guru sejarah masih jarang melakukan penilaian psikomotor, penilaian yang sering digunakan adalah penilaian unjuk kerja, penilaian portofolio dan penilaian observasi, belum sesuainnya pembuatan RPP dengan pelaksanaan saat pembelajaran dikelas; (2) Hasil temuan studi menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penilaian psikomotor guru sejarah masih menemui berbagai hambatan atau kendala, diantaranya kendala dalam melaksanakan penilaian observasi (pengamatan), guru juga sulit menentukan indikator dan aspek penilaian. Selain itu, keterbatasan waktu jika peserta didik diberikan tugas seperti portofolio, presentasi maupun unjuk kerja waktu untuk mengerjakan dan mempresentasikan di depan kelas memerlukan waktu yang cukup banyak.

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, guru sejarah, penilaian psikomotor.