;

Abstrak


Pengaruh Vitamin C dan N-Asetil Sistein terhadap Penurunan Kadar Tumor Necrosis Factor Alfa dan Intercellular Adhesion Molecule-I pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis Stadium V yang Menjalani Hemodialisis di Rsud dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Rusdi Husain Sk - S500708023 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Latar belakang :
Penyebab kematian terbanyak (60%) penderita Penyak.it Oinjal  Kronik Stadium V (POK)  adalah  kejadian  kardiovaskuler  yang didasari  aterosklerosis.  Pada pasien POK stadium V yang menjalani hemodialisis (HD) rutin terjadi peningkatan   TNF a  dan  !CAM  .  Vitamin  C dan N asetil  sistein  (NAS)  sebagai  aktioksidan  yang menghambat TNF a dan !CAM.
Tujuan Penelitian  :
Untuk membuktikan pengaruh Vitamin C  dan N-Asetil Sistein (NAS) dalam menghambat   sekresi  TNF adan !CAM pada  pasien  penyak.it  POK  yang menjalani hemodialisis.
Metodologi : Jenis  penelitian  experimental dengan  Randomized  Control  Trial  (RCT )  open labeled.  Analisa  statistik  menggunakan  ANOVA  multivariat,  Wilcoxon,  t Test, Kruskal Wallis, Mann Withney dengan signifikansi  P < 0 p=0,005 p=0,00>Pada  kelompok  NAS didapatkan  delta TNF a dengan  rerata  1,05  ± 0,78 pg/ml, secara statistik bermakna dengan p=0,005 dan pada Delta !CAM didapatkan rerata 31,64  ±  0,34  ml/L  secara  statistik  bermakna  dengan  p=0,01. Pada  kelompok kontrol didapatkan selisih Delta TNF a dengan rerata - 0,32 ± 0,45 pg/ml secara statistik tidak signifikan  dengan p=0,093 , Delta !CAM  diperoleh dengan rerata - 10,18 ± 0,52  ml/L secara statistik tidak signifikan dengan p=0,5. Kesimpulan. Vitamin  C   dan  NAS  secara  bermakna  menurunkan  kadar TNF  a dan  !CAM dibandingkan  kontrol.  Tidak  terdapat  perbedaan  pengaruh  antara  vitamin  C dan NAS dalam menurunkan TNF a dan !CAM.

Kata Kunci : Raemodialisa, TNF a, ICAM, Vitamin C, N-Asetyl Sistein