Abstrak


Penerapan pendekatan SAVI dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Negeri 1 Paras tahun ajaran 2015/2016)


Oleh :
Dhyah Ayu Wulandari - K7112057 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya melalui penerapan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 1 Paras tahun ajaran 2015/2016 dan untuk mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan SAVI dalam meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Paras tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Paras. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber , triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil observasi pemahaman konsep sifat-sifat cahaya pada setiap siklus. Pada pratindakan frekuensi siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 siswa (10,34%). Pada Siklus I meningkat menjadi sebanyak 8 siswa (27,6%). Pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 26 siswa (89,6%). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Paras tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: pendekatan SAVI, media audio visual, pemahaman konsep sifat-sifat cahaya