Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Social Inquiry untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang Kegiatan Jual Beli pada Siswa Kelas III SD Negeri Sumberadi Tahun Ajaran 2018/2019.


Oleh :
Novita Donna Zamzami - K7115120 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran social inquiry, meningkatkan pembelajaran IPS melalui  penerapan  model  pembelajaran  social  inquiry  dan  mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model social inquiry.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, dan data kualitatif berupa  informasi  proses  penyampaian  pembelajaran  IPS  dengan  menerapkan model pembelajaran social inquiry. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran social inquiry dilaksanakan dengan delapan langkah yaitu: (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) menyusun hipotesis, (4) mendefinisikan hipotesis, (5) eksplorasi hipotesis, (6) mengumpulkan data, (7) membuktikan hipotesis dan (8) kesimpulan. Penerapan model pembelajaran social inquiry yang dilakukan dengan langkah-langkah tersebut dapat meningkatkan pembelajaran IPS yang diketahui melalui peningkatan persentase ketuntasan siswa sebesar 70,37% pada siklus I,
84,58% pada siklus II, dan 88,57% pada siklus III. Kendala pada penerapan model ini yaitu: (1) siswa belum memahami media yang dipaparkan guru ada langkah orientasi, (2) waktu terbatas pada saat diskusi pada langkah menguji hipotesis, (3) siswa masih belum bisa menarik kesimpulan dengan baik. Adapun solusinya yaitu: (1) guru mengenalkan media kepada siswa, (2) guru meminta siswa untuk melakukan  pembagian  tugas  saat  diskusi,  (3)  guru  membimbing  siswa  agar mampu menarik kesimpulan dengan baik.

 

Kata Kunci: social inquiry, pembelajaran IPS, kegiatan jual beli.