;

Abstrak


Pengaruh Leader Narcissism pada Organizational Cynicsm dan Organizational Silence: Peran Psychological Capital dan Psychological Strain (Studi pada Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang)


Oleh :
Fida Haidar - S411708011 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meneliti dan memaparkan pengaruh leader narcissism pada organizational cynicsm, dan organizational silence serta peran psychological strain dan psychological capital. Studi ini memperkaya penelitian mengenai sifat leader narcissism yang berpengaruh pada psikologis karyawan dan kemudian akan berdampak pada organisasi. Responden penelitian ini adalah karyawan dari 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis di Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang. Data diambil menggunakan metode non probability sampling dan teknik yang digunakan adalah stratified convenience sampling. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas dengan Warp-PLS 6.0. Alat uji yang digunakan adalah SEM Partial Least Square (PLS).

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) leader narcissism berpengaruh positif pada organizational cynicsm, 2) leader narcissism berpengaruh positif pada psychological strain karyawan, 3) leader narcissism dan organizational cynicsm berpengaruh positif pada psychological strain melalui pengaruh tidak langsung (mediasi) secara parsial, 4) psychological strain berpengaruh positif pada organizational cynicsm, 5) organizational cynicsm berpengaruh positif pada organizational silence, 6) psychological capital yang berpengaruh positif pada psychological strain yang dialami oleh karyawan yang timbul karena pengaruh dari leader narcissism melalui pengaruh tidak langsung (moderasi).

Keyword : Leader Narcissism, Psychological Strain, Organizational Cynicsm, Organizational Silence, and Psychological Capital