Abstrak


Perbandingan performansi antara algoritma cosine similarity dengan jaccard similarity untuk pencarian pada portal jurnal


Oleh :
Novi Estu Wardani - M0509049 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Pembuatan artikel ilmiah menjadi prasyarat kelulusan mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan jumlah artikel dalam portal jurnal UNS terus meningkat.  Manajemen portal jurnal yang baik sangat dibutuhkan.
Fungsi pencarian merupakan fungsi yang penting dalam sebuah portal jurnal. Fungsi pencarian yang baik akan memudahkan pengguna dalam mencari jurnal yang diinginkan.
Penelitian ini menggunakan metode Cosine similarity dan Jaccard similarity untuk perhitungan kemiripan pada pencarian. Metode tersebut bertujuan untuk mengetahui precision maupun recall dari fungsi search. Data yang digunakan untuk pengujian adalah kata kunci yang diambil secara acak. Dari uji coba didapatkan hasil bahwa Cosine menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik daripada Jaccard, nilai precision Cosine yang tertinggi mencapai 67.47%, dan nilai recall tertinggi yang dicapai adalah 99.91%, sedangkan nilai precision tertinggi Jaccard adalah 53.38?n nilai recall tertingginya adalah 96.88%.

Kata kunci: Jaccard similarity, Cosine similarity, pencarian