;

Abstrak


Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Discovery Learning Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar


Oleh :
Umy Annisa Amaliana - S031508026 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Umy  Annisa   Amaliana.  S031508026.   2017.   Pengembangan  Bahan  Ajar Tematik Berbasis Discovery Learning pada Tema Daerah Tempat Tinggalku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sri Anitah Wiryawan, M. Pd., Pembimbing II: Dr. Riyadi, M. Si. Program Studi Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar  Program  Pascasarjana,  Universitas  Sebelas Maret.


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk Proses pengembangan bahan ajar tematik berbasis discovery learning pada tema tempat tinggalku dan keefektifan bahan ajar tematik berbasis discovery learning pada tema tempat tinggalku. Materi yang dikembangkan disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang berlaku pada Kurikulum 2013. Produk yang dihasilkan memuat pendahuluan (halaman depan sampul, kata pengantar, tentang buku tematik berbasis discovery learning, kompetensi inti kelas IV, dan daftar isi), isi (subtema 1, subtema 2, dan subtema  3),  dan  penutup  (evaluasi  diri,  kunci  jawaban,  daftar  pustaka,  dan biografi penulis). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode penelitian oleh Sukmadinata yang terdiri dari tahap pendahuluan, tahap  pengembangan,  dan tahap  pengujian. Hasil  validasi  pakar menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan. Respon guru dan respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan baik. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata kelompok kontrol pada pretest 60,53 dan posttest 68,80. Rata-rata kelompok eksperimen pada pretest adalah 58,00 dan posttest 85,07. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil  belajar  kelas  kontrol.  Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  bahan  ajar tematik berbasis discovery learning dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Bahan Ajar, Discovery Learning, Tematik