;

Abstrak


Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Civic Knowledge Siswa.


Oleh :
Tita Wulandari - S031602019 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui buku pendamping untuk meningkatkan civic knowledge siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
keadaan bahan ajar PPKn di lapangan, menganalisis kebutuhan bahan ajar PPKn berbasis PBL, mengembangkan produk bahan ajar PPKn berbasis PBL, dan melakukan uji efektivitas pada produk bahan ajar PPKn berbasis PBL. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk buku dengan aktivitas siswa menggunakan sintak PBL.
Penelitian ini dilakukan di delapan sekolah dasar Kota Surakarta. Penelitian ini berlangsung dari bulan April November 2017. Penelitian ini menggunakan metode Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah dan  telah
dimodifikasi menjadi tiga langkah meliputi studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji efektivitas. Pendekatan dalam studi pendahuluan berupa kualitatif yaitu untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar di lapangan teknik pengambilan data menggunakan wawancara, analisis dokumen, dan observasi. Instrmen pengumpulan data pada kegiatan pertama ini adalah pedoman wawancara dan lembar observasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis interactive analysis. Pada tahap pengembangan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan kualitatif data yang dianalisis dengan metode analisis interactive analysis dan secara statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, penilaian guru, observasi dan tes. Pada tahap pengembangan ini menggunakan validasi yang dilakukan oleh ekspert sebanyak sembilan orang.
Instrumen dalam kegiatan tahap ini adalah berupa pedoman wawancara, lembar penilaian guru, lembar penilaian expert, lembar observasi, dan lembar tes civic knowledge. Uji efektivitas dalam penelitian ini menggunakan metode ekperimen kuasi. Siswa terlebih dahulu diberikan pretest-posttest dan data dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil studi pendahuluan di lapangan menunjukan bahwa bahan ajar PPKn berbasis PLB sangat dibutuhkan bahan ajar PPKn berbasis PBL. Pada tahap pengembangan menunjukan jika bahan ajar PPKn berbasis PBL layak digunakan
dalam pembelajaran. Hasil uji efektivitas ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara uji posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.  
Kata kunci: Bahan ajar, PPKn, PBL, Civic knowledge, Sekolah Dasar.