Abstrak


Evaluasi kesesuaian lahan Dan daya dukung lingkungan tambak udang Untuk pembangunan berkelanjutan di wilayah pesisir Kecamatan Petanahan dan Klirong Kabupaten Kebumen tahun 2017 (implementasi untuk pengayaan bahan ajar pada kompetensi dasar mengevaluasi tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan pada materi pokok pembangunan berkelanjutan untuk siswa SMA Kelas XI)


Oleh :
Imam Mahdi - K5413033 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui zonasi kesesuaian lahan tambak udang di Wilayah Pesisir Kecamatan Petanahan dan Klirong Kabupaten Kebumen tahun 2017; (2) mengetahui tingkat daya dukung lingkungan peruntukan tambak wilayah pesisir Kecamatan Petanahan dan Klirong Kabupaten Kebumen 2017; dan (3) Mengetahui arahan penggunaan lahan peruntukan tambak yang sesuai dengan daya dukungnya untuk menunjang pembangunan berkelanjutan di Wilayah Pesisir Kecamatan Petanahan dan Klirong Kabupaten Kebumen 2017.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan spasial. Populasinya yaitu semua lahan pada daerah penelitian dengan jumlah sampel 23 satuan lahan, yang dihasilkan dari tumpang susun Peta Tanah, Peta Kemiringan Lereng dan Peta Penggunaan Lahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) analisis kesesuaian lahan digunakan dengan pemberian skor, bobot, dan overlay parameter karakteristik / kualitas lahan; (2) analisis daya dukung lingkungan dilakukan dengan pemberian bobot pada kelas kesesuaian parameter karakteristik / kualitas lahan; dan (3) arahan penggunaan lahan untuk pembangunan berkelanjutan, dilakukan dengan perkalian antara prosentase penggunaan teknologi budidaya tambak, dengan luas lahan sesuai daya dukung lingkungan peruntukan tambak udang pada wilayah penelitian.
Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat tiga kelas kesesuaian lahan di wilayah pesisir Kecamatan Petanahan dan Klirong Kabupaten Kebumen tahun 2017, yaitu kelas kesesuaian sangat sesuai (S1), Sesuai (S2), dan Kurang susuai (S3). Kelas kesesuaian sangat sesuai memiliki luas lahan 66,34 hektar, atau menempati 3,33?ri luas total. Kelas keseuaian sesuai (S2), memiliki luas 1004,81 hektar atau 50,51?ri luas total. Kelas kurang sesuai (S3), memiliki luas 918,29 hektar atau 46,16?ri luas total. 2) Daya dukung lingkungan peruntukan tambak wilayah pesisir Kecamatan Petanahan dan Klirong Kabupaten Kebumen memiliki tiga kategori daya dukung lingkungan, yaitu daya dukung tinggi, sedang, dan rendah. Total daya dukung lahan peruntukan tambak seluas 1241,21 hektar, dengan rician; daya dukung lahan tinggi yaitu 82,5?ri luas lahan atau seluas 54,83 hektar, daya dukung sedang pada penelitian ini yaitu 67,4?ri luas lahan atau seluas 712,27 hektar, daya dukung rendah yaitu  54,6?ri luas lahan kurang sesuai atau seluas 474,11 hektare. 3) Arahan pemanfaatan lahan peruntukan tambak pada wilayah pesisir sesuai dengan daya dukung lingkungan, kelas kesesuaian lahan dan teknologi budidaya yang digunakan terdiri dari dua sistem teknologi budidaya yaitu, teknologi budidaya intensif dengan luas 16,58 hektar dan menggunakan teknologi budidaya semi intensif dengan luas 559,64 hektar. 

Kata Kunci : kesesuaian lahan, daya dukung lingkungan, pembangunan berkelanjutan.