Abstrak


Improving students’ speaking skill by implementing Student Teams Achievement Division (STAD) (a classroom action research at the eleventh grade of SMK N 1 Magelang in the academic year of 2016/ 2017)


Oleh :
Fatma Sahalia - K2212027 - Fak. KIP

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah metode Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa dan untuk mengidentifikasi kondisi kelas ketika metode STAD diterapkan pada kelas berbicara Bahasa Inggris.
    Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas sebelas SMK Negeri 1 Magelang mulai dari bulan Agustus hingga September. Tiap siklus terdiri dari empat langkah: perencanaan, melaksanakan, pengamatan, dan peninjauan kembali. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, angket, dan tes (pre-test dan post-test). Teknik menganalisa data kualitatif menggunakan metode dari McKernan di Burns (1999: 156-160) yang meliputi: pengumpulan data, menyortir data, membandingkan data, membangun dugaan, and melaporkan hasil. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan membandingkan nilai rata-rata pre-test dan post-test.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris ditinjau dari aspek ketepatan dan kefasihan bicara siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 61,64 di tes awal, 68,98 di tes petama, dan di tes terakhir menjadi 78,53. (2) STAD dapat meningkatkan kondisi kelas ditinjau dari: (a) peningkatan kondisi belajar mengajar dalam kelas yang mana kelas menjadi lebih hidup karena partisipasi siswa, (b) peningkatan motivasi dan minat siswa dalam belajar, (c) peningkatan rasa empati kepada teman dalam proses pembelajaran.
    Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa Student Teams Achievement Division dapat digunakan sebagai altenatif metode pengajaran yang membawa kebaikan dalam nilai siswa dan proses pembelajaran. Sangat disarankan untuk menerapkan metode Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa.

Kata Kunci: Student Teams Achievement Divison, speaking skill, classroom action research