Abstrak


Penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media kartu kuartet untuk meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh terhadap kemerdekaan Indonesia (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Negeri Soropadan no. 108 kecamatan Laweyan kota Surakarta tahun ajaran 2016/2017)


Oleh :
Rima Sulistiyo Anggraini - K7113183 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh terhadap kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Soropadan No. 108 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu kuartet.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas V SD Negeri Soropadan No. 108 pada semester dua tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 25 siswa laki-laki dan
11 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data adalah analisis interaktif. Analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan  hasil  penelitian, dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu kuartet dapat meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh terhadap kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V di SD Negeri Soropadan No. 108 tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dan presentase ketuntasan klasikal. Pada pre test, ketuntasan siswa hanya 5,6?ngan nilai rata-rata 51, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 30,6?ngan nilai rata-rata 59,7. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75,8?ngan ketuntasan siswa sebanyak 83,3%.

Kata  kunci:  Teams  Games  Tournament,  Media  Kartu  Kuartet,  Pemahaman
Konsep Jasa dan Peran