Abstrak


Penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur puisi (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas IV di SDN Ngoresan No. 80 Kecamatan Jebres tahun ajaran 2018/2019)


Oleh :
Fitri Rahmawati Nugraha - K7115064 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur puisi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada peserta didik kelas IV SDN Ngoresan No.80 Jebres tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan.
Hasil pratindakan menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menganalisis unsur-unsur puisi peserta didik sebesar 59,63 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 23% yang mampu mencapai KKM (75). Hasil dari siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis unsur-unsur puisi meningkat menjadi 62,93 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 43%. Hasil dari siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata menganalisis unsur-unsur puisi juga mengalami peningkatan yaitu menjadi 80,13 dengan persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 81%.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pai Share dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur puisi peserta didik kelas IV SDN Ngoresan No.80 Jebres.

Kata Kunci: kemampuan, menganalisis unsur-unsur puisi, model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share