Abstrak


Peningkatan pemahaman konsep makna keberagaman melalui model pembelajaran Mind Mapping pada peserta didik kelas III SDIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2018/2019


Oleh :
Lathifah - K7115092 - Fak. KIP

ABSTRAK

Pemahaman konsep makna keberagaman pada peserta didik kelas III SDIT Nurul Islam Tengaran masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep makna keberagaman melalui model pembelajaran Mind Mapping pada peserta didik kelas III SDIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan yaitu validitas isi, triangulasi data, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis Miles-Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada pemahaman konsep makna keberagaman melalui model pembelajaran Mind Mapping pada peserta didik kelas III SDIT Nurul Islam tahun ajaran 2018/2019. Bukti peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari hasil ketuntasan klasikal pratindakan sampai siklus II. Ketuntasan klasikal pratindakan 11,54?ngan nilai rata-rata kelas 58,5 meningkat pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 46,15?ngan nilai rata-rata kelas mencapai 72,03. Ketuntasan meningkat lagi setelah dilakukan tindakan pada siklus II yaitu sebesar 80,77?ngan nilai rata-rata kelas 80,96.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat diambil kesumpulan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep makna keberagaman pada peserta didik kelas III SDIT Nurul Islam Tengaran tahun ajaran 2018/2019.


Kata kunci: mind mapping, pemahaman konsep makna keberagaman, sekolah dasar.