Abstrak


Rancang Bangun Aplikasi Inventori BHP (Studi Kasus : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar)


Oleh :
Arifah Intan Yulita - M3116013 - Fak. MIPA

Abstrak

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar merupakan lembaga pemerintahan di Kabupaten Karanganyar yang memiliki tugas yaitu mengurus Pemerintahan Daerah di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar memiliki beberapa bidang seperti bidang umum kepegawaian, bidang kebudayaan, bidang pendidikan dasar, bidang PAUD, bidang keuangan, dan bidang perencanaan. Bidang Umum Kepegawaian merupakan salah satu bidang yang ditugaskan untuk memenuhi kebutuhan dari setiap bidangnya yaitu dengan mengontrol persedaiaan barang setiap bidangnya, jika persediaan barang habis maka bidang umum kepegawaian harus segera memperbarui persediaan barang untuk menunjang kelancaran kinerja dari setiap bidangnya.
Pada saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar menggunakan excel untuk mengelola inventori barang habis pakai, namun pegawai sering mengalami kesalahan dalam proses pencatatan barang, kesulitan dalam pencarian data, jika terdapat data yang hilang atau salah maka dapat menyebabkan hasil laporan tidak akurat, dan memungkinkan terjadinya kekeliruan dalam penjumlahan berbagai macam transaksi.
Sistem Informasi Inventori Barang Habis Pakai merupakan sistem informasi yang dapat mengelola persediaan barang masuk, mencatat transaksi barang masuk dan barang keluar, mencatat laporan barang mengenai barang keluar, barang masuk, retur barang, dan kartu barang. Dengan sistem berbasis web serta dengan dukungan framework CodeIgniter dan bahasa pemrograman PHP.
Untuk menunjang kelancaran kinerja dibutuhkan suatu Sistem Informasi Inventori Barang Habis Pakai sehingga bisa dihasilkan pelaporan pendataan persediaan barang sebagai dasar kebijakan manajemen dan operasional di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Inventori Barang, Retur Barang, Barang Keluar, Barang Masuk