Abstrak


Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Crowdfunding Berbasis WEB


Oleh :
Muhamad Nur Huda - M3116044 - Fak. MIPA

Abstrak

Manusia adalah makhluk sosial yang di dalam kehidupannya tidak bisa terlepas dari pengaruh manusia lain. Setiap manusia memiliki masalahnya masing-masing, dan untuk mencari jalan keluar dari beberapa masalahnya pasti membutuhkan bantuan dari manusia lain. Contohnya adalah manusia di suatu daerah yang terkena bencana alam. Dari permasalahan tersebut, manusia tentu membutuhkan bantuan dari manusia lain. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penggalangan dana. Penggalangan dana adalah suatu proses pengumpulan kontribusi sukarela dalam bentuk uang atau sumber daya lain dengan meminta sumbangan dari individu, perusahaan, yayasan, atau lembaga pemerintah.
Selama ini masih banyak penggalangan dana yang dilakukan secara manual. Untuk sistem donasi penggalangan dana secara manual kurang transparan sehingga sulit dalam membangun kepercayaan para donatur akan tersalurkannya donasi kepada yang berhak menerimanya.
Aplikasi Marketplace Crowdfunding merupakan sistem yang dapat mengelola data penggalangan dana, data zakat, data transaksi donasi, data pembayaran zakat, data dompet pengguna, transaksi pencairan saldo dompet dan tambah saldo dompet, mencatat laporan hasil kegiatan penggalangan dana dan zakat. Dengan sistem berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan didukung framework CodeIgniter.
Untuk membantu mensukseskan kegiatan sosial masyarakat dibutuhkan suatu Aplikasi Marketplace Crowdfunding sehingga dapat menggalang dana secara online, menghasilkan update berita hasil pelaksanaan kegiatan sosial.


Kata Kunci : Penggalangan Dana, Zakat, Donasi, Marketplace, Crowdfunding