Abstrak


Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Crowdfunding Donasi Berbasis Android


Oleh :
Burhanudin Wakhid Nugroho - M3116071 - Fak. MIPA

Abstrak

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, setiap manusia tidak bisa melakukannya sendiri, hal ini dikarenakan manusia merupakan makhluk sosial dimana setiap manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain.

Sering kali kita temui musibah atau bencana yang menimpa baik pada diri kita sendiri maupun pada orang lain. Seseorang yang menimpa musibah atau bencana biasanya identik dengan kerugian dan kehilangan. Seperti halnya saat terjadi bencana alam yang sering menimpa bumi pertiwi kita, banyak masyarakat yang kehilangan rumah, harta bahkan nyawa sekalipun. Mereka yang sedang berduka membutuhkan bantuan dari orang lain untuk bisa terus melanjutkan hidup ditengah musibah yang menimpa mereka.

Dunia saat ini sudah begitu maju, segala kebutuhan sebagian besar dapat kita dapatkan dengan mudah dengan dibantu oleh adanya internet. Dengan bantuan internet inilah kita juga dapat membantu orang lain diluar sana tanpa harus susah payah terjun langsung ke lapangan. Berbagai macam aplikasi penggalangan dana atau crowdfunding telah bertebaran dan mudah ditemui. Aplikasi ini dikemas dengan bentuk aplikasi mobile yang dibuat dengan menggunakan framework flutter.

Dari masalah diatas, dapat dibuat suatu aplikasi penggalangan dana atau donasi secara online sehingga siapapun dapat membantu orang-orang yang tertimpa musibah dimana saja dan kapan saja dimana aplikasi tersebut dikemas dalam bentuk website dan android.

Kata Kunci : crowdfunding, android, donasi, kata