;

Abstrak


Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Struktur Bumi Kelas VII


Oleh :
Rindi Liskasari - S831602023 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kreativitas dan pengetahuan siswa pada materi struktur bumi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran diskusi pada siswa sekolah menengah pertama.  
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 1 Karanganyar. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas control dengan model pembelajaran diskusi berdasarkan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dengan metode tes untuk mendapatkan data kreativitas dan pengetahuan siswa. Uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan analisis Manova satu jalan.
Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kreativitas antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran diskusi, 2) Terdapat perbedaan hasil pengetahuan antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran diskusi, 3) Terdapat perbedaan hasil secara multivariate pada kreativitas dan pengetahuan antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran diskusi.
 
Kata Kunci : Pembelajaran Proyek, Kreativitas, Struktur Bumi, Manova