Abstrak


Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Retno Mei Wulandari - K8413065 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar  mata  pelajaran  sosiologi  pada  siswa  kelas  X  IPS  2  SMA  Negeri  1 Sukoharjo  Tahun  Ajaran  2016/2017  melalui  penerapan  model  Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 35 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada siswa kelas X IPS 2 mulai dari pra siklus, siklus I sampai siklus II. Keaktifan siswa menunjukkan prosentase 37,42% pada tahap pra tindakan, meningkat menjadi 52,92% pada siklus I, dan kembali meningkat menjadi 75,20% pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata kelas 74,57 pada pra siklus, meningkat menjadi 74,88 pada siklus I, dan kembali meningkat 88,59 pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Penelitian  Tindakan  Kelas, Student  Teams  Achievement  Division (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar