Abstrak


Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Media Blok Diagram terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 (Sub Pokok Bahasan: Proses Pembentukan Barang Tambang dan Potensi Barang Tambang serta Persebaran Barang Tambang )


Oleh :
Bambang Septiawan - K5412019 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas  model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan blok diagram terhadap hasil belajar geografi pada sub pokok bahasan “Proses Pembentukan Barang Tambang dan Potensi Barang Tambang serta Persebaran Barang Tambang.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS   di SMA Negeri 1 Karanganyar. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design dan Randomized Control Group Posttest Only Design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes untuk data kognitif dan lembar observasi untuk data sikap dan keterampilan. Analisis data dengan uji t-pihak kanan.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  model  pembelajaran  kooperatif  tipe Think Pair Share dengan mengggunakan media blok diagram lebih efektif dibandingkan dengan model Konvensional. Karena rerata model kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media blok diagram lebih besar daripada rerata model Konvensional yaitu 26 > 22, untuk rerata nilai sikap model kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media blok diagram lebih besar daripada rerata model Konvensional yaitu 86 >  70, dan untuk  rerata nilai keterampilan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media blok diagram lebih besar daripada rerata model Konvensional yaitu 72 > 70.


Kata kunci: efektivitas, model kooperatif Think Pair Share, blok diagram, hasil belajar