Abstrak


Strategi Peningkatan Ekspor Produk Plywood pada PT Abhirama Kresna ke Benua Amerika


Oleh :
Fabian Kusuma Ramadhan - F3114025 - Fak. MIPA


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi peningkatan ekspor produk plywood pada PT Abhirama Kresna dimulai dari pangsa pasar PT Abhirama Kresna, pemasaran ke benua Amerika, serta untuk mengetahui hambatan yang di hadapi dalam kegiatan pemasaran ekspor PT Abhirama Kresna.
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan dan mengolah data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan analisis dokumen yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk naratif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT Abhirama Kresna menerapkan strategi pemasaran ekspornya menggunakan marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari inovasi produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Perusahaan dalam memasarkan produknya dengan cara menampilkan hasil produknya melalui media internet agar calon pembeli dapat membuka website PT Abhirama Kresna secara langsung untuk informasi pemesanan serta produk apa saja yang ditampilkan Perusahaan agar ada proses pemesanan dari calon pembeli, selain itu volume penjualan pun berpengaruh berdasarkan pemesanan dari buyer tersebut. Dalam melakukan kegiatan ekspornya, PT Abhirama Kresna mengalami hambatan-hambatan yang mempengaruhi jalannya aktivitas perusahaan dan pelaksanaan ekspor seperti hambatan dalam sertifikasi ekspor dan pengiriman barang.

 

Kata Kunci: Strategi pemasaran, Sertifikasi CARB, Ekspor