Abstrak


Pemetaan Pohon Penyerap Karbondioksida pada Jalur Hijau Jalan Slamet Riyadi Surakarta


Oleh :
Tunjung Wahid Nugroho - M0409064 - Fak. MIPA

ABSTRAK
Pembangunan yang pesat telah memicu peningkatan populasi penduduk di kota Surakarta. Hal ini membuat kebutuhan masyarakat akan Ruang Terbuka Hijau atau RTH meningkat. Pendekatan pemenuhan oksigen oleh jalan kota ditentukan berdasarkan faktor-faktor pendukung baik yang berasal dari dalam kota seperti jalur hijau. Lanskap Jalur Hijau Jalan Slamet Riyadi merupakan lanskap untuk daerah perkotaan. Jalan Slamet Riyadi menjadi penghubung jalan-jalan lain di kota karena merupakan jalan utama kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan serapan karbon dioksida oleh jalur hijau jalan Slamet Riyadi Surakarta dan merancang sebuah peta tematik kemampuan serapan karbon dioksida berbagai pohon yang mendominasi jalur hijau Jalan Slamet Riyadi Surakarta.
Dalam penelitian ini dilakukan inventarisasi pohon di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dari tugu Purwosari sampai perempatan Gladak. Data pohon terdiri dari koordinat, diameter setinggi dada atau DBH (Diameter at Breast Hight), dan tinggi pohon. Dari data tersebut dilakukan penghitungan serapan karbon melalui luas kanopi dan pencitraan satelit. Selain itu juga dibuat Sistem Informasi Geografis (SIG) menggunakan program ArcGis untuk melihat kenampakan pohon penyusun jalur hijau. Selain itu, dilakukan juga pengukuran faktor klimatik diukur pada masing-masing lokasi meliputi intensitas cahaya, kecepatan angin, dan suhu udara.
Kemampuan serapan karbondioksida oleh jalur hijau Jalan Slamet Riyadi Surakarta diprediksi sebesar 696,6 kg/ha/jam atau setara 3072,98 ton/ha/tahun. Jenis pohon yang mendominasi Jalur Hijau jalan Slamet Riyadi Surakarta adalah Glodokan tiang (Polyalthia longifolia Sonn.) dengan jumlah 207 dan total luas kanopi 427,35 m2
Kata kunci: Jalur hijau, Pemetaan, Serapan Karbondioksida, Jalan Slamet Riyadi Surakarta.