Abstrak


Alih Kode dan Campur Kode dalam Komunikasi di Pasar Jungke Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar (Kajian Sosiolinguistik)


Oleh :
Anisah - B0115006 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah bentuk AK dan CK dalam komunikasi yang terjadi di PJ?; (2) bagaimanakah fungsi AK dan CK dalam komunikasi yang terjadi di PJ?; dan (3) mengapa timbul peristiwa AK dan CK dalam komunikasi yang terjadi di PJ? Tujuan yang akan dicapai adalah: (1) mendeskripsikan bentuk AK dan CK dalam komunikasi yang terjadi di PJ; (2) mendeskripsikan fungsi AK dan CK dalam komunikasi yang terjadi di dalam komunikasi yang terjadi di PJ; dan (3) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi terjadinya AK dan CK dalam komunikasi yang terjadi di PJ.

Taraf penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari informan, peristiwa, dan lokasi penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik sadap, SLC, SBLC, rekam, dan catat. Analisis data menggunakan metode distribusional dan metode padan.

Berdasarkan analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa, (1) bentuk AK meliputi: (a) AK dari BJNg ke dalam BI, (b) AK dari BJK ke dalam BI, (c) AK dari BI ke dalam BJK, (d) AK dari BJK ke dalam BJNg, (e) AK dari BJNg ke dalam BJK. Bentuk CK meliputi: 1) CK kata BIng, 2) CK kata BI, 3) CK frasa BA, 4) CK frasa BIng, dan 5) CK frasa BI. (2) fungsi AK meliputi: a) menawarkan barang dagangan, b) menukarkan barang, c) memengaruhi/meyakinkan MT, d) membeli barang, e) memberitahu/menjelaskan, f) mengarahkan/menunjukkan, g) menentukan harga, dan h) mempertegas pembicaraan. Fungsi CK meliputi: a) memberitahu/menjelaskan kepada MT, b) menolak/menyanggah, c) berjanji, d) menyuruh, dan e) bertanya. (3) faktor AK meliputi: a) penutur (O1), b) MT (O2), dan c) topik. Faktor LB CK meliputi: a) faktor sosial, b) faktor edukasional, c) faktor lingual, dan d) faktor praktikal.

Kata-kata Kunci: Alih Kode, Campur Kode, Pasar Jungk