Abstrak


Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 1 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Fazlur Rahman - K4615042 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pola Pretest and Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan terdiri dari 4 kali pertemuan, dimana pertemuan petama dan terakhir sebagai pretest dan post-test. Dua pertemuan yang lain akan dilakukan treatment, dilakukanya 2 kali treatment ini berdasarkan program semester untuk materi lompat jauh gaya jongkok yang mendapatkan waktu hanya 2 jam pelajaran saja. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol Sukoharjo yang berjumlah 319 peserta didik yang terdiri atas 10 kelas A-J setiap kelasnya berjumlah 32. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling untuk diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi.
Hasil analisis data keterampilan  lompat jauh gaya jongkok pada perlakuan model pembelajaran problem based learning  sedikit lebih baik dibandingkan perlakuan model pembelajaran direct instruction. Hal ini dibuktikan pada model pembelajaran problem based learning  meningkat 6.3794 (9.637%) sedangkan pada model pembelajaran direct instruction meningkat sebesar 5.0778 (7.968%).dan  pengujian secara statistik diperoleh  nilai probailitas 0.098>0.05. Hasil pengetahuan lompat jauh gaya jongkok pada perlakuan model pembelajaran problem based learning  lebih baik dibandingkan perlakuan model pembelajaran direct instruction. Hal ini dibuktikan pada model pembelajaran problem based learning  meningkat 16.016 (21.925%) sedangkan pada model pembelajaran direct instruction meningkat sebesar 11.914 (18.769%). Dan pengujian secara statistik diperoleh  nilai probailitas 0.048<0>Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajarn problem based learning terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Pengaruh, Problem Based Learning, Hasil belajar, Lompat Jauh