Abstrak


Pengaruh Efek Ekstrak Etanol Daun Alpukat (Persea americana Mill) erhadap Mortalitas Larva Anopheles aconitus L.


Oleh :
Ma Ry - G0014251 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Daun alpukat (Persea americana Mill) diketahui mengandung senyawa saponin, tanin, flavonoid, dan alkaloid yang memiliki efek larvasida. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  efek  esktrak  etanol  daun  alpukat (Persea americana Mill) terhadap mortalitas larva Anopheles aconitus L.

Metode  penelitian:  Penelitian  ini  menggunakan  metode  eksperimental laboratorik dengan rancangan  post test only with control group design. Penelitian ini menggunakan ekstrak etanol daun alpukat (Persea americana Mill) yang diuji sebagai larvasida terhadap Anopheles aconitus L. instar III. Larva dibagi menjadi enam kelompok, masing-masing berisi 25 larva nyamuk. Satu kelompok kontrol negatif larva nyamuk berada di dalam 100 ml akuades, empat kelompok masing- masing larva nyamuk berada di dalam ekstrak etanol daun alpukat (Persea americana Mill) dengan konsentrasi 0,05, 0,10, 0,15, dan 0,20 mg/100 ml dan satu kelompok kontrol positif larva nyamuk berada di dalam temefos. Pengamatan dilakukan setelah 24 jam pemberian ekstrak, lalu dihitung jumlah mortalitas larva pada tiap kelompok. Perlakuan dan pengamatan tersebut dilakukan berulang sebanyak empat kali. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis kemudian dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney dan uji Probit.

Hasil penelitian: Dari hasil uji Kruskal-Wallis dan uji Mann-Whitney diketahui bahwa terdapat  perbedaan  rerata mortalitas  larva  Anopheles  aconitus  L.  yang signifikan di antara keenam kelompok perlakuan. Semakin tinggi dosis ekstrak etanoldaun alpukat daya bunuhnya terhadap larva semakin besar. Pada konsentrasi
0,20 mg/100 ml daya bunuhnya dalam 24 jam mencapai 100%. Hasil analisis Probit menunjukkan LC50  pada 0,058 mg/ 100 ml dan LC90  pada 0,110 mg/ 100 ml.

Simpulan: Ekstrak etanol daun alpukat (Persea americana Mill) memiliki efek terhadap mortalitas larva Anopheles aconitus L.

Kata kunci: ekstrak etanol daun alpukat, larvasida, larva Anopheles aconitus L.