Abstrak


Upaya peningkatan kemampuan menulis huruf jawa dengan penerapan model talking stick melalui media game android pada siswa kelas VIII a Smp N 2 Kedunggalar Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Yusuf Ardiansyah - K4212073 - Fak. KIP

ABSTRAK

Rendahnya minat siswa untuk mempelajari salah satu aspek kurikulum yang telah dirumuskan pemerintah masih menjadi kendala pembelajaran di lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menulis huruf Jawa melalui penerapan model talking stick melalui media game android pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Kedunggalar Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 2 Kedunggalar tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dan deskriptif interaktif, yang terdiri dari tiga aluryaitu, (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui penggunaan model talking stick melalui media game android dalam pembelajaran menulis huruf Jawa dapat meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan kualitas dengan proses belajar siklus I sebesar 75?n siklus II menjadi 90% siswa mencapai nilai dengan kategori baik dan amat baik. Peningkatan pada keterampilan menulis paragraph aksara Jawa ketika pratindakan 45%, kemudian menjadi 75% pada siklus I, dan meningkat pada siklus II menjadi 90%.
 
Kata kunci : SMP N 2 Kedunggaar Kabupaten Ngawi, model pembelajaran talking stick, media game android, keterampilan menulis huruf Jawa.