Abstrak


Meningkatkan hasil belajar menendang bola melalui pendekatan bermain pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tawangmangu kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2018/2019


Oleh :
Angga Atmaja Hartono - K4615012 - Fak. Keolahragaan

Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk   Meningkatkan   Hasil   Belajar Menendang Bola melalui Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri  1  Tawangmangu  Kecamatan  Tawangmangu  Kabupaten  Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tawangmangu tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 56 peserta didik yang terdiri dari 26 peserta didik putra dan 30 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik, data hasil belajar gerak dasar menendang bola diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan  data  kegiatan  peserta  didik  didalam  mengikuti  proses pembelajaran menendang bola melalui pendekatan bermain. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif dengan prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar menendang bola. Hasil belajar tersebut meliputi aspek pisikomotorik, kognitif, dan afektif dari 56 peserta didik hanya 11 peserta didik yang mencapai KKM atau 19,62% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 48,22% atau 27 peserta didik yang mencapai batas tuntas pada siklus I. Selanjutnya meningkat  menjadi  92,85% atau  52  peserta didik  yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada peserta didik  kelas  V SD Negeri  1  Tawangmangu  dalam  meningkatkan  hasil belajar menendang bola melalui Pendekatan Bermain ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar menendang bola pada peserta didik.
Simpulan penelitian ini adalah melalui Pendekatan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar menendang bola pada peserta didik kelas V SD Negeri
1 Tawangmangu tahun ajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci: Menendang bola, Metode Pendekatan Bermain, Hasil Belajar