;

Abstrak


Corporate Social Responsibility (CSR), Koneksi Politik dan Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Saham Kompas 100)


Oleh :
Yudistira Arisa Nugraha - S411408030 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Corporate Social Responsibility (CSR) dan koneksi politik terhadap kinerja keuangan dari perusahaan yang masuk dalam indeks Kompas 100.  Ukuran CSR diproyeksikan menggunakan indeks Global Reporting Initiative (GRI) sedangkan kinerja keuangan perusahaan diproyeksikan oleh nilai Return on Equity (ROE) serta Return on Asset (ROA). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan 34 perusahaan selama periode pengamatan tahun 2010 sampai tahun 2014 dan jumlah observasi sebanyak 170. Metode analisis penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Penelitian ini memberikan hasil yang membuktikan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan koneksi politik memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan.

Kata kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), indeks Global Reporting Initiative (GRI), koneksi politik, ROE, ROA.