Abstrak


Sistem Informasi Manajemen Kendaraan Studi Kasus: Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo


Oleh :
Pius Abdi Krisna Windito - M3116052 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Manajemen merupakan elemen dasar dan selalu ada dalam suatu proses untuk menyelesaikan pekerjaan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai suatu tujuan dengan lebih efektif dan juga efisien. Salah satu penerapan dalam melakukan manajemen adalah manajemen kendaraan yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo. Secara keseluruhan, manajemen kendaraan yang dilakukan dibagi menjadi 3, yaitu manajemen peminjaman kendaraan dinas, manajemen servis kendaraan, dan manajemen bahan bakar mesin kendaraan. Pegawai melakukan pengajuan peminjaman kendaraan untuk melaksanakan tugas dinas, sedangkan pengemudi/driver melakukan pengajuan untuk servis dan pengisian bahan bakar kendaraan dinas. Pada peminjaman kendaraan akan dilakukan pengembangan sistem karena terdapat beberapa fungsi yang kurang efisien, servis kendaraan dan bahan bakar kendaraan akan dilakukan pembuatan sistem karena sistem masih dilakukan secara manual.

Dari permasalahan yang telah didapat maka dibuatlah Sistem Informasi Manajemen Kendaraan dengan teknologi sebagai berikut: Sistem yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework codeigniter, database MySQL, dan webserver menggunakan Apache. Di dalam aplikasi ini, output yang akan dihasilkan berupa surat tugas untuk melaksanakan tugas dinas, bon BBM untuk melakukan pengisian bahan bakar, serta surat servis untuk melakukan servis kendaraan dinas.

Hasil dari uji coba yang didapat adalah sebagai berikut: semua fungsi dapat berjalan dengan baik, penempatan dan tampilan yang digunakan telah sesuai dengan harapan dari pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo.

Kata kunci : manajemen kendaraan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, tugas dinas, servis kendaraan, bon BBM