Abstrak


Pengaruh Pemberdayaan Karyawan, Kerja Tim, dan Pelatihan Karyawan pada Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan PT. Kusumahadi Santosa dan PT. Dan Liris)


Oleh :
Nova Yudha Liandi Priyatama - F0213070 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis pengaruh Pemberdayaan Karyawan pada Kepuasan Kerja; 2) Menganalisis pengaruh Kerja Tim pada Kepuasan Kerja; 3) Menganalisis pengaruh Pelatihan Karyawan pada Kepuasan Kerja. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Kusumahadi Santosa dan PT. Dan Liris, Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 148 responden.

Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Pemberdayaan Karyawan berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada Kepuasan Kerja; 2) Kerja Tim berpengaruh positif dan signifikan pada Kepuasan Kerja; 3) Pelatihan Karyawan berpengaruh positif dan signifikan pada Kepuasan Kerja.

Dari hasil penelitian ini penulis menyarankan agar perusahaan menambah jumlah pelatihan yang diberikan agar meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Karyawan sebaiknya lebih peduli, respek dan juga menjaga hubungan dengan rekan kerja/anggota tim agar hubungan dengan anggota tim lebih baik yang akan meningkatkan kepuasan kerja. Kata Kunci: Pemberdayaan Karyawan, Kerja Tim, Peltihan Karyawan dan Kepuasan Kerja.