Abstrak


Hubungan antara derajat osteoarthritis berdasarkan skor kellgren-lawrence dengan kecepatan berjalan pasien osteoarthritis genu


Oleh :
Dina Ariyanti Putri - G0015061 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Dina Ariyanti Putri, G0015061, 2019. Hubungan antara derajat osteoarthritis berdasarkan skor Kellgren-Lawrence dengan kecepatan berjalan pasien osteoarthritis genu.
 
Latar Belakang: Osteoarthritis seiring dengan perkembangan penelitian diketahui merupakan penyakit dengan patogenesis yang kompleks yang terdapat pada rawan sendi dan struktur di sekitarnya. Diagnosisnya dengan cara pemeriksaan klinis dan radiologis. Penyakit ini dapat menimbulkan disabilitas yang akan memengaruhi Quality of Life. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara derajat osteoarthritis berdasarkan skor Kellgren-Lawrence dengan kecepatan berjalan pasien osteoarthritis genu.
 
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. Soetijono Blora. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien osteoarthritis genu yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling yang berjumlah 58 orang. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman.  
 
Hasil: Terdapat hubungan antara osteoarthritis berdasarkan skor Kellgren-Lawrence dengan kecepatan berjalan pasien osteoarthritis genu dengan p= 0,000 dan r = - 0,544.  
 
Simpulan: Terdapat hubungan antara derajat osteoarthritis berdasarkan skor Kellgren-Lawrence dengan kecepatan berjalan pasien osteoarthritis genu yang bermakna secara statistik dengan kekuatan korelasi kuat dan arah korelasi negatif.  
______________________________________________________________  
Kata Kunci: Kellgren-Lawrence, kecepatan berjalan, osteoarthritis